Senin, 10 September 2018

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H

Aeroguesthousenews--1 Muharram atau yang disebut Tahun Baru Islam adalah bulan pertama dalam kalender Islam.

Muharram sendiri merupakan satu dari empat bulan suci yang terjadi dalam satu tahun. Oleh masyarakat, Bulan Muharram juga dianggap bulan suci ke dua setelah Bulan Ramadhan.

Bulan Muharram dalam Islam merupakan bulan yang menjadi pembuka dalam penentuan sistem penanggalan hijriah.

Ada sejumlah amalan sunnah yang biasa dilakukan umat Muslim untuk menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram.

Amalan sunnah bisa dikerjakan terutama 10 hari pada bulan Muharram, sejak 1 Muharram 1440 Hijriyah atau 11 September 2018 yang lebih dikenal dengan Hari Asyura.  Asyura artinya kesepuluh.

Pada Hari Asyura, umat Muslim disunahkan untuk berpuasa. 1 Muharram juga disebut sebagai bulan yang istimewa. Apa saja keistimewaan bulan Muharram dalam Islam?

Seperti dijelaskan dalam hadist Al Bukhari dan Muslim, disebutkan bahwa Bulan Muharram tepatnya hari ke-10, Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa dan Bani Israil dari kejaran Raja Fir'aun dan tentaranya yang kejam.
Sementara itu, keistimewaan 1 Muharram juga berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Yaitu hijrahnya Rasulullah dan sahabatnya dari Mekah ke Madinah yang punya makna penting bagi umat Muslim. Hijrahnya Rasulullah merupakan sejarah kebangkitan Islam.
Keistimewaan Bulan Muharram juga bulan yang baik untuk menyambung silaturahmi dan menjalin kembali hubungan kekerabatan yang pernah terputus.

Di Indonesia, setiap kota punya cara yang berbeda-beda dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muhharam. Di kota Solo misalnya, Tahun Baru Islam 1 Muharram dirayakan dengan kirab Malam 1 Suro.

Pergantian tahun Hijriyah dan awal bulan Suro tahun ini jatuh pada Tanggal 11 September 2018. Ada beberapa tradisi yang biasanya dilaksanakan selama Malam Satu Suro tersebut.

Di antaranya kirab Malam Satu Suro yang dipimpin oleh kerbau bule di Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah. (disarikan dari tribunenewsmenado)




0 komentar:

Posting Komentar